Jurnal Pembangun Sebuah Dinasti

Mimpi Kecil2an

Posted in Uncategorized by dewey setiawan on 03/01/2016

Kata motivator, “Hati2 dengan mimpimu; dia bisa menjadi kenyataan”. Waktu kami masih kecil, salah seorang kawan saya bertanya apa cita2 saya. Meniru guyonan zaman itu, saya jawab: “Pokoknya kerja yang cuma tandatangan saja”. Tentu saja maksud saya jadi boss. Timpal kawan saya: “Maksudmu jadi tukang karcis pasar?” Zaman itu kami sering menyaksikan petugas restribusi pasar memberi paraf ala kadarnya pada lembar karcis sebelum merobek dan memberikannya ke pedagang.

Kelak di kemudian hari, dalam kebosanan menandatangani ratusan sertifikat kegiatan yang diselenggarakan program studi kami, saya terkenang-kenang percakapan itu. Meskipun tidak melulu soal itu, menjadi mandor program studi melibatkan tandatangan yang tak ada habisnya.

Zaman masih kepanasan di balik jaket, di atas Tornado/GL Max/Mega Pro, dalam perjalanan pergi-pulang kampus (@ 35 kilometer), selama 12 tahun, saya sering berkata ke diri sendiri: “Andai saja rumah dan kampus ini di Eropa. Pasti dingin dan sejuk. Pasti semangat berangkat ke kampus. Memakai sweater, membaca, dan menulis di dekat jendela ditemani kopi panas”. Demikian gambaran saya soal Eropa dari tivi dan buku.

Saat ini, hidup dalam cuaca Inggris yang selalu murung, dengan Matahari paruh-waktu, dalam temperatur dekat2 nol, saat pergi ke balkon sudah menjadi beban berat, saat sweater serasa seperti kaus kutang, saat otak hanya mampu diajak melihat FB dan Netflix, saya teringat mimpi itu.

Hati-hati dengan mimpimu. Dia bisa menjadi kenyataan, walau dengan agak lucu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: